Politeknik Harapan Bagsa Surakarta tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Harapan Bangsa Surakarta dan Akademi Bahasa Asing (ABA) Harapan Bangsa Surakarta. Kedua akademi dikelola oleh Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta yang pertama kali dicatat dalam akta notaris Maria Theresia Budisantoso,SH nomor 36, pada tanggal 08 Juni 1990. Adapun AMIK Harapan Bangs Surakarta didirikan pada tanggal 13 November 1990 melalui SK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0685/O/1990. Namun ijin operasional penyelenggaraan program studi baru didapatkan tanggal 25 Agustus 2009, melalui SK ijin operasional nomor 3237/D/T/K-VI/2009. Sedangkan ABA Harapan Bangsa Surakarta berdiri pada tanggal 16 November 2000, melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 0238/D/O/2000.
Perubahan alamat, susunan pengurus dan pengawas Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta terjadi pada tahun 2014 dan dicatatkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-AH.01.06-716, pada tanggal 13 Agustus 2014. Adapun pimpinan Yayasan semenjak tahun 2014 adalah Bapak Drs. Joko Sutrisno dan Bapak Adhita Dea Kharisma, SE.,MM. Selanjutnya, ketua Yayasan mengangkat Bapak Dr. Eka Budhi Santosa, ST.,M.Pd dan Ibu Dra. Ari Pantjarani,MM sebagai pimpinan akademi. Kepemimpinan baru AMIK dan ABA Harapan Bangsa mendapat mandat untuk memperbaiki manajemen akademi hingga mampu terakreditasi oleh BAN-PT, baik akreditasi program studi maupun akreditasi institusi.
Surat rekomendasi penggabungan dan perubahan bentuk AMIK-ABA Harapan Bangsa Surakarta menjadi Politeknik diberikan oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah melalui surat nomor 2042/K6/KL/2017. Selanjutnya pada tanggal 28 Maret 2018 ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta mengirimkan surat ke Dirjen Kelembagaan KEMENRISTEK DIKTI nomor 11/YPHBS/III/2018 tentang permohonan ijin penggabungan dan perubahan bentuk AMIK-ABA Harapan Bangsa Surakarta menjadi Politeknik Harapan Bangsa Surakarta. Setelah melalui proses administratif pengajuan sesuai ketentuan yang berlaku, maka pada tanggal 14 sampai 15 Februari 2019 dilakukan evaluasi lapangan usulan penggabungan AMIK dan ABA Harapan Bangsa Surakarta menjadi Politeknik Harapan Bangsa Surakarta oleh Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi KEMENRISTEK DIKTI. Proses administrasi dilalui lebih dari dua tahun sampai akhirnya permohonan penggabungan dan perubahan bentuk dikabulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pada tanggal 01 Maret 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan nomor 032/D/OT/2021 mengenai Izin penggabungan AMIK-ABA Harapan Bangsa Surakarta dan perubahan bentuk menjadi Politeknik Harapan Bangsa Surakarta. Adapun program studi yang menyertai izin Politeknik Harapan Bangsa Surakarta (POLHAS) adalah D3 Bahasa Inggris, D3 Manajemen Informatika dan D4 Manajemen Informasi Kesehatan. Sedangkan Direktur pertama yang diangkat oleh ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta untuk memimpin Politeknik Harapan Bangsa Surakarta adalah Dr. Eka Budhi Santosa, ST.,M.Pd. Kampus yang dipergunakan untuk proses pembelajaran Politeknik Harapan Bangsa Surakarta adalah di Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dengan nomor telepon 0271-630029, alamat email: [email protected], website : https://polhas.ac.id/.