Yayasan Amal Bhakthi (YAB) merupakan yayasan berbadan hukum didirikan dengan Akta Pendirian Yayasan yang dikeluarkan oleh Notaris Laksmi Moerti Adhianto, S.H. Nomor 49 Tanggal 18 Mei 1989 berlokasi di Jl. Kartini No. 11 RT/RW 004/003 Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi Jawa Barat. Pada awal YAB berdiri, bidang pengabdian usahanya adalah terutama di bidang kesehatan, yang ditandai dengan berdirinya RS Bhakti Kartini pada tahun 2000, dan dalam perkembangannya kini RS Bhakti Kartini mendapat predikat bergengsi dari Komite Akreditasi RS sebagai RS Tipe C PARIPURNA (bintang 5) yang merupakan peringkat tertinggi dalam akreditasi RS. Selain RS, YAB memiliki 2 klinik satelit, 2 apotek, dan SMK Bhakti Kartini. Mengakomodir kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Kota Bekasi Raya dan sekitarnya terhadap pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas dengan investasi biaya pendidikan yang terjangkau maka YAB berinisiatif mendirikan Politeknik Bhakti Kartini yang disingkat menjadi Poltek Bhani.
Berikut milestones Sejarah pendirian Politeknik Bhakti Kartini :
Tahun 2017 :
Tingginya permintaan masyarakat terhadap pendidikan tinggi vokasional di Indonesia terutama di Kota Bekasi, menginspirasi Ketua Yayasan Amal Bhakthi membentuk tim untuk melakukan studi kelayakan dalam rangka pendirian perguruan tinggi yang bersifat vokasional. Berdasarkan analisa dari studi kelayakan tersebut maka didirikanlah Politeknik Bhakti Kartini. Nama Bhakti Kartini diambil untuk menunjukkan bahwa Politeknik Bhakti Kartini secara historikal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Rumah Sakit Bhakti Kartini yang merupakan unit usaha tertua dari Yayasan Amal Bhakthi. Persiapan administrasi, SDM, sarana & prasarana dilakukan dengan cermat dan terstruktur, termasuk dimulainya kerjasama dalam bidang Penelitian & Pengembangan (Litbang) teknologi pendidikan dengan NSDevil dari Korea Selatan.
Tahun 2018 :
Dimulainya pengajuan usulan pendirian Politeknik Bhakti Kartini oleh YAB ke Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemeristek-Dikti RI. Sejalan dengan proses pengajuan perijinan tersebut, pada tanggal 20 Maret 2018 telah ditandatangani Memorandum of Agreement (MOA) antara YAB dengan NSDevil yang difasilitasi oleh PT Polaris Edu Partner – Indonesia sebagai perwakilan resmi NSDevil di Indonesia. MOA tersebut secara eksplisit menandai dimulainya projek kerjasama ini dengan nama EMIS (Education Management Information System) yang didalamnya akan dibangun system aplikasi terpadu yang dibutuhkan oleh Poltek Bhani dalam menjalankan operasional kampus kelak, termasuk implementasi teknologi pendidikan mutakhir yang dinamakan UBL (Ubiquitous Based Learning) dan aplikasi ujian online UBT (Ubiquitous Based Test), yang memungkinkan semua sivitas akademika Poltek Bhani memanfaatkannya secara maksimal menuju mewujudkan citat-cita Poltek Bhani menjadi cyber campus yang dapat dibanggakan masyarakat Indonesia.
Bulan Maret penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara YAB dengan Konsorsium NSDevil (Korea Selatan)-Polaris Edu Partner (Indonesia), Kerja Sama yang dilakukan adalah dalam bidang Research and Development (R&D) Education Management Information System (EMIS) khusus dibidang pendidikan vokasional di Indonesia. Kerjasama Internasional terus digalang bersama PT Polaris Edu Partner (PEP) melalui program EEO BULT (Equal Education Opportunities by Ubiquitous Learning Technology) yang didukung oleh 15 negara termasuk Indonesia sebagai anggota aktif konsorsium tersebut , maka pada bulan Oktober 2018 sebagai salah satu programnya diselenggarakanlah Global Workshop Vocational berkerjasama dengan NSDevil (Korea Selatan), Polaris Edu Partner (Indonesia) dan KOTRA (Kamar Dagang dan Industri Korea Selatan) di Jakarta. Kerja sama ini dibentuk sebagai komitmen YAB tentang perkembangan teknologi pendidikan global berbasis digital dalam rangka menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 di bidang pendidikan.
Tahun 2020 :
Tanggal 30 Januari 2020 Surat Keputusan Mendikbud RI No. 149/M/2020 dan Hasil Akreditasi Politeknik Bhakti Kartini telah resmi ditandatangani oleh Mendikbud dan dengan demikian dinyatakan oleh YAB sebagai HARI LAHIR POLITEKNIK BHAKTI KARTINI.
Politeknik Bhakti Kartini sengaja didesain dengan mengusung tema futuristic yaitu From Local to Global, dimana untuk mewujudkan tagline tersebut sejak awal pendiriannya telah dilakukan research and development dalam bidang teknologi pendidikan dan manajemen sistem informasi yang terintegrasi dengan perusahaan berskala internasional dari Korea Selatan yaitu NSDevil. Pelaksanaan implementasi proyek tersebut dilakukan secara simultan dengan pengurusan izin operasional dan akreditasi kampus dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Berdasarkan SK Kemendikbud tentang izin operasional POLTEK BHANI No. 149/M/2020 tanggal 30 Januari 2020, Politeknik Bhakti Kartini mendapat Akreditasi BAIK dengan Program Studi yang diizinkan untuk dibuka adalah Teknologi Rekayasa Multimedia (D4), Manajemen Logistik (D3), Farmasi (D3), dan Administrasi Rumah Sakit (D3).