Universitas Bandung Raya (UNBAR) adalah  Peguruan Tinggi Swasta (PTS) didirikan pada tanggal 18 Mei 1984, merupakan gabungan (merger) dari 3 (tiga) Akademi dan 1 (satu) Sekolah Tinggi, Penggabungan tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0652/O/1985 tanggal 30 Desember 1985.  Dibawah naungan Yayasan Pembina Universitas Bandung Raya  (YPU) sebagai badan penyelenggara.

Masing – masing Akademi dan Sekolah Tinggi yang bergabung adalah :

  1. Akademi Pimpinan Perusahaan Bandung (APPB) Yayasan Pendidikan Merdeka, (YPM), dikembangkan menjadi Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Ekonomi Manajemen dan Program Studi Ekonomi Akuntansi
  2. Akademi Tekstil Berdikari (ATB) Yayasan Pembina Pendidikan Ahli Tekstil. (YAPPATEK) dikembangkan menjadi Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Industri Tekstil dan Teknik Kimia Tekstil pada jenjang Diploma III serta Program Studi Teknik Industri dan Teknik Kimia pada jenjang Sarjana (S1)
  3. Akademi Pertanian Nasional (AKPERNAS) Yayasan Pendidikan Pertanian (YP3) dikembangkan menjadi Fakultas Pertanian pada jenjang Sarjana (S1) dengan lima Program Studi yaitu Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Program Studi Agribisnis, Program Studi Agroteknologi. Program Studi Arsitektur Pertanaman dan Program Studi Peternakan
  4. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Nasional (Yapenas) dikembangkan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah.

Sebagai Institusi Pendidikan  Tinggi,  Universitas Bandung Raya, juga telah terakreditasi BAN-PT dituangkan dalam keputusan BAN-PT Nomor 3593/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 tertanggal 10 Oktober 2017.  Akreditasi tersebut sebagai suatu keharusan bagi Perguruan Tinggi dalam rangka implementasi  Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016.

Jumlah lulusannya telah mencapai lebih dari 10.000 orang (tepatnya 10145 orang) dan terserap dengan baik di dunia kerja. Sebagian daripadanya berusaha mandiri menjadi wirausahawan

Dalam perjalananannya selama 34 tahun sampai dengan tahun 2018, UNBAR telah mengalami pengembangan dan dinamikanya sehingga tahun 2018 dilakukan revitalisasi dan berubah badan pengelola dari Yayasan Pembina UNBAR (YPU) ke Yayasan Yatim Mandiri (YYM) Surabaya.

Sejak saat itu maka pengelolaan Universitas Bandung Raya beralih ke Yayasan Yatim Mandiri (YYM) Surabaya, dan pada tanggal 22 April 2020 nama UNBAR resmi berubah menjadi UICM.