info berita terkini eduNitas Artikel

Manfaat Blended learning (E-learning) dalam Pembelajaran di Era Digital cover

Manfaat Blended learning (E-learning) dalam Pembelajaran di Era Digital

Author: Blended Learning
09 Mar 2021

Saat ini sedang maraknya program blended learning / e-learning atau elektronik learning di dalam dunia pendidikan. Metode blended learning adalah program pembelajaran yang menggabungkan kedua metode pembelajaran tatap muka dengan online learning / e-learning.

Metode blended learning tetap menggunakan pembelajaran secara langsung (tatap muka) untuk sesekali dan selebihnya dilakukan secara e-learning. Metode blended learning sebenarnya berbeda dengan metode online learning pada umumnya.

Pada metode blended learning, interakasi pembelajaran dilakukan sebagian secara online dan sebagian secara tatap muka, maka sistem pembelajarannya terdapat interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.

Blended learning memiliki kelebihan, apa saja kelebihan metode pembelajaran ini? Berikut adalah beberapa kelebihan dari metode blended learning.

  • Pembelajaran terjadi secara mandiri dan konvensional

Blended learning menuntut kamu menjadi seorang mahasiswa yang mandiri dan konvensional sekaligus, kedua hal ini memiliki kelebihan yang bisa melengkapi satu dengan yang lainnya.

  • Pembelajaran lebih efektif

Pembelajaran menggunakan metode blended learning lebih efektif dan efisien karena materi yang disampaikan berbasis online dan tatap muka yang memungkinkan pembelajaran terjadi komunikasi dua arah.

  • Meningkatkan aksesbiltas mahasiswa

Dengan adanya blended learning maka mahasiswa belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajaran karena adanya sistem komunikasi dua arah tersebut.

  • Kegiatan diskusi berlangsung secara online atau offline dapat berlangsung diluar jam pembelajaran

Kegiatan diskusi berlangsung dengan baik antara mahasiswa dengan dosen maupun antara antar mahasiswa lainnya.

Metode blended learning/e-learning memerlukan beberapa hal yaitu:

  • Membutuhkan gadget untuk mendukung kegiatan pembelajaran

Gadget sangat dibutuhkan untuk melakukan metode blended learning, gadget tersebut bisa menggunakan smartphone, laptop, ataupun ipad. Dibantu dengan koneksi internet yang memadai, ini sangat dibutuhkan agar mahasiwa yang melakukan metode blended learning dapat berjalan secara maksimal.

  • Memperlukan strategi pembelajaran untuk memaksimalkan materi yang diajarkan

Dosen tentunya memerlukan strategi untuk memaksimalkan materi yang akan diberikan kepada mahasiswanya. Karena metode blended learning itu berbeda dengan perkuliahan tatap muka secara langsung, wajar bagi beberapa dosen ini terasa sulit. Dosen juga selalu up to date dengan teknologi.

Blended learning memang memiliki banyak manfaat. Karena seiring berkembangnya teknologi, kita tentu perlu menyesuaikan kegiatan kita agar menjadi lebih mudah. Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan kegiatan masyarakat.

Sejauh ini, manfaat dari blended learning yang sangat bisa kita rasakan adalah, kita bisa memaksimalkan waktu yang kita punya. Karena sifat metode pembelajaran blended learning tidak terhalang oleh waktu dan jarak. Tentu ini sangat bermanfaat sekali untuk mahasiswa apalagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Ini sangat efektif dan fleksibel tentu sangat membantu kalian untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Tidak perlu harus ke kampus, kalian sudah bisa kuliah. Ini juga menghemat biaya kalian juga. Blended learning memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memegang kendali kapan jadwal dimulainya pembelajaran blended learning. Mahasiswa bisa dengan bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu.

Tapi tetap ingat, jika kalian diberikan kebebasan seperti itu, kalian masih memiliki tanggung jawab yang sama seperti kuliah pada umumnya. Karena jika pembelajarannya tidak berjalan dengan maksimal dan efektif, kalian juga yang akan dirugikan, jadi bila materi yang di ajarkan oleh dosen kalian tidak kalian pahami, tentunya akan ketinggalan pelajaran dan berefek kepada kelulusan nanti.

Sebenarnya secara umum blended learning itu sama dengan kuliah online. Untuk kalian yang menanyakan tips sukses untuk kuliah online ini kalian bisa membaca tips kuliah onlinedisini, karena sebenarnya metode pembelajaran mereka itu memang sama.

Untuk perkuliahan online, di eduNitas bekerja sama dengan kampus PTS yang menyediakan program kuliah online. Kamu bisa mencarinya di bawah ini.

Cari Kampus Program Kuliah Online

Bila sudah mendapatkan kampus PTS idamanmu, segera daftarkan dirimu sebagai calon mahasiswa dengan mengklik dibawah ini

Daftar Kampus Pilihan

Tetap rajin dan semangat menjalankan blended learning. Ini juga sebagai bentuk dukungan anjuran dari pemerintah agar kamu tetap di rumah dan melaksanakan physical distancing saat terjadinya wabah covid-19 seperti sekarang ini.

#Blended Learning