info berita terkini eduNitas Artikel

Kuliah Karyawan

Kuliah Karyawan Sambil Kerja, Kenapa Tidak? Ini Beberapa Tips Sukses Untuk Kamu!

1. Apa itu Kuliah Kelas Karyawan

2. Jenis dan Perbedaan dari Kuliah Karyawan

3. Kelebihan Kuliah Karyawan

4. Tips Sukses Agar Karir dan Pendidikanmu Berjalan Lancar

5. Bagaimana Cara Memilih Jurusan Untuk Kuliah Karyawan?

6. Solusi Pintar

7. Di Kota/Kabupaten/Provinsi Mana Saja Yang Ada Program Kuliah Kelas Karyawan?

8. Kesimpulan

---------------------------------------------------------

1. Kuliah Kelas Karyawan, Apa sebenarnya?

Kuliah Karyawan

Untuk siswa baru lulus sekolah SMU, SMA, SMK, MAN, PKBM, lulusan paket C, Serta Mahasiswa lulusan D1, D2 dan D3 pasti bingung ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi atau bekerja saja ya? Sebenarnya kalau bisa melakukan kedua kegiatan itu secara bersamaan kenapa tidak? Bukan begitu? Memang ini akan banyak menguras waktu, serta pikiran yang di miliki, Tapi tahukah kalau kuliah kelas karyawan itu banyak manfaatnya?

Program kuliah kelas karyawan atau biasa disebut dengan kelas karyawan adalah sebuah program perkuliahan yang bisa diterapkan oleh pekerja yang melanjutkan studi dan mahasiswa lulusan dari pendidikan apapun. Kuliah karyawan ini tentunya hadir buat para pekerja yang masih ingin menempuh pendidikan ke jalur yang lebih tinggi. Sekarang, sudah banyak kampus menyediakan program kuliah kelas karyawan ini. Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui perbedaan dan jenis dari kuliah kelas karyawan ini.

Sebenarnya, kuliah kelas karyawan tidak memiliki banyak jenis, hanya ada dua pilihan bagi karyawan jika ingin melanjutkan pendidikannya namun kuliah sambil kerja. Berikut adalah sekilas penjelasan dari perbedaan kuliah kelas karyawan ini.

2. Jenis dan Perbedaan dari Kuliah Kelas Karyawan

Program kuliah kelas karyawan ini banyak perbedaan dan macamnya. Ada kuliah kelas karyawan sabtu minggu dan ada juga kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam ) Apa perbedaan dari kuliah kelas karyawan sabtu minggu dan kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam )? Padahal kan mereka sama – sama kelas karyawan bukan? Kuliah kelas karyawan sabtu minggu dan kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam ) hanya berbeda di waktu pembelajarannya saja.

Kalau kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam )  memiliki waktu untuk hari pembelajarannya seperti kuliah pada umumnya yaitu hari senin sampai jumat, namun untuk jamnya dimulai pada malam hari, ya namanya juga kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam ) bukan. Jenis kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam ) ini cocok buat para pekerja memiliki waktu bekerja dari pagi hingga sore hari.

Sedangkan kuliah kelas karyawan sabtu minggu memiliki waktu pembelajaran perkuliahan hanya pada hari sabtu dan minggu. Kuliah karyawan jenis ini cocok buat pekerja yang memang memiliki jam kerja full dari hari senin hingga hari jumat dan hanya free pada hari sabtu dan minggu.

3. Kelebihan Kuliah Karyawan

Kuliah karyawan tentu memiliki kelebihan dibandingkan dengan kuliah reguler. Berikut beberapa kelebihan terdapat pada kuliah kelas karyawan:

Para karyawan yang sudah mendapatkan penghasilan pasti bingung dengan mahalnya biaya perkuliahan. Jangan khawatir! Karena kuliah kelas karyawan mempunyai biaya sangat terjangkau bagi kalangan para karyawan ingin melanjutkan studi dan gelar serta biaya kuliah dalam satu semester dapat diangsur di bayar tiap bulan.

Ayo jangan ragu lagi untuk mengikuti program kuliah kelas karyawan ini ya! Jika memang kampus pilihan pertama memiliki biaya cukup mahal, masih banyak pilihan kampus di luaran sana dan tidak kalah bagusnya dengan pilihan pertama mu dan bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Di program kuliah kelas karyawan terutama kuliah online, dosen bisa menyampaikan dan mempresentasikan mata pelajaran kuliah melalui video conference, mahasiswa bisa mengamati pelajaran dengan santai, kalau ada terlewat, tidak perlu takut! Materi ini bisa didownload file presentasinya dan dokumen pelajaran tersebut supaya tidak tertinggal pelajaran.

Biasanya pihak kampus sudah menyediakan website resmi untuk mahasiswanya agar dapat mengarsipkan file materi sudah diberikan oleh dosen bersangkutan. Jika memang pihak kampus belum memiliki fasilitas ini, materi bisa dimintai langsung ke dosen pengajar langsung ya, jadi tidak perlu takut jika ingin mengambil program kuliah online.

Nah ini juga kelebihan jika kamu mengambil program kuliah karyawan, jadwal kuliah tidak berbenturan dengan jam kerja dan bisa membuat kesepakatan pembelajaran dengan dosen kapanpun. Zaman sekarang, teknologi sudah berkembang, kuliah mu bahkan bisa dilakukan lewat online / daring menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom, Microsoft Teams, Google Meets, Jitsi dan sebagainya.

Kuliah kelas karyawan berbasis kuliah online ini tentu dapat memudahkan para karyawan bukan? Hanya bermodal gadget dan koneksi internet yang stabil sudah bisa kuliah. Jadi jangan takut mengambil kuliah kelas karyawan ya! Karena kuliah online ini tidak akan mengganggu pekerjaan mu di kantor.

Jikalau kamu sekarang sudah jadi karyawan tapi jenjang karirmu terhalang karena gelar lulusan kuliahmu? tidak masalah, kuliah kelas karyawan akan membantumu mendapatkan gelar diploma, sarjana dan seterusnya. Jika sudah lulus setidaknya diploma atau sarjana strata satu, jenjang karirmu akan tercapai serta pendapatan / gaji pastinya akan ikut naik juga bukan?

Sekarang banyak perusahaan menyediakan program management trainee, program ini di bentuk khusus bagi para freshgraduate atau memiliki pengalaman kurang dari satu tahun agar dilatih menjadi manajemen di perusahaan tersebut. Jika ada kesempatan untuk mereka pengalamannnya belum banyak saja bisa untuk menjadi manajemen di suatu perusahaan, bagaimana dengan para karyawan sudah memiliki pengalaman banyak? Jadi jangan ragu untuk mengambil kuliah kelas karyawan ya, agar jenjang karir dan pendapatanmu bisa lebih baik.

4. Tips Sukses Untuk Orang – Orang Ingin Mengambil Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah sambil kerja adalah keputusan yang tidak boleh di tentukan sembarangan. Ada beberapa hal harus dan wajib di pikiran matang – matang termasuk masalah ekonomi. Memang tidak sedikit mahasiswa dapat berhasil menjalankan keduanya hingga lulus dengan baik. Namun semua itu tentunya butuh pengorbanan bukan? Inilah beberapa tips untuk dirimu jika ingin kuliah sambil kerja.

Bagi mempunyai rencana ingin mengambil kuliah tetapi kondisinya sedang bekerja, ini wajib banget di beritahu ke atasan perusahaan tempatmu bekerja. Ini bertujuan agar nantinya kamu mendapatkan dispensasi jika suatu saat ada acara serta mengharuskan ijin untuk tidak masuk bekerja suatu saat nanti.

Selain itu, mungkin saja perusahaan tempatmu bekerja ingin membiayai / memberikan beasiswa sampai penyelesaian masa studimu di kampus. Tentu ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan bukan! Carilah moment tepat untuk mendiskusikannya dengan atasanmu ya.

Tentu bagi para karyawan ingin melakukan kuliah sambil kerja, harus pandai – pandai mengantur waktu dimiliki dengan sebaik mungkin. Karena jika tidak, nantinya akan merasa kewalahan dalam mengerjakan tugas – tugas kuliah bersamaan tugas kantor sekaligus.

Kalau ingin mengambil kuliah kelas karyawan malam ( kelas malam ), kamu bisa mengerjakan tugas kuliah pada hari sabtu atau minggu, dan kalau kamu mengambil kuliah kelas karyawan sabtu minggu, bisa mengerjakan tugas kuliah pada saat sudah pulang kerja / sampai rumah pada malam harinya. Tentu diantara kuliah kelas karyawan malam atau kuliah kelas karyawan sabtu minggu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Ini juga penting bagi para karyawan dan ingin kuliah sambil kerja, karena jika kamu memilih pekerjaan full time yang akan menyita lebih dari 50% waktumu, nantinya akan merasa kewalahan sendiri kedepannya. Pilihlah pekerjaan freelance atau part-time itu bisa memudahkanmu untuk mengatur jadwal kuliah agar tidak bentrok.

Dengan pekerjaan freelance, tentu jadi bisa lebih mudah untuk mengatur jadwal kuliah dan jadwal freelancemu. Karena pada suatu saat nanti banyak tugas dari kampus, kamu bisa menunda untuk mencari job freelance lainnya dan hanya berfokus pada kuliah serta menyelesaikan tugas – tugas kuliah telah diberikan oleh dosenmu.

Kelelahan sudah pasti akan menjadi makanan setiap hari. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatanmu agar nanti tidak mudah diserang oleh penyakit. Memiliki banyak kegiatan pasti akan membuat mu banyak mengorbankan waktu untuk bersenang – senang, jadi tidak boleh menyepelekan kesehatan mentalmu juga ya.

Apalagi ditambah dengan kondisi pandemik karena Covid-19 seperti sekarang, lebih banyaklah mengkonsumsi vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh agar menjadi lebih bugar setelah banyak beraktifitas seharian. Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga di pagi hari. Karena olahraga juga dapat membantu menjaga stamina disaat kondisimu kelelahan.

5. Bagaimana Cara Memilih Jurusan Untuk Kelas Karyawan

Banyak orang pasti bingung untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion mereka miliki bukan? Memilih jurusan memang tidak mudah menurut sebagian orang, karena bisa waktu awal merasa sangat ingin mengambil jurusan tersebut serta sangat yakin dengan jurusannya, namun saat sudah berada di tengah perjalanan baru akan menyesal kenapa mengambil jurusan tersebut. Bagimu masih bimbang memilih jurusan kuliah tidak perlu risau, berikut ini adalah cara memilih jurusan untukmu.

Jika dirimu seorang karyawan merasa pekerjaanmu sudah ditekuni tetapi tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, boleh kok memilih jurusan lain menurutmu lebih sesuai dengan passionnya masing – masing. Tentunya ini juga akan menambah wawasan dan ilmu baru pastinya bukan.

Namun kalau sejak awal sudah memilih jurusan sesuai dengan passion atau hobi biasa dilakukan olehmu sehari – hari, tentunya tidak perlu ada lagi tuh namanya beradaptasi dengan hal baru, karena sudah mengetahui bidang itu paling tidak dasarnya saja. Bagaimana caranya menggali passion dari diri sendiri? Cara paling simplenya adalah mengetahui hobi dan bakat dimiliki sejak lama. Misalnya kalau memiliki hobi memasak, tentu bisa mengambil jurusan tata boga. Atau jika mempunyai hobi nya adalah travelling, nantinya bisa mengambil jurusan pariwisata.

Ini juga bisa menambah nilai plus dirimu, apalagi kalau saingan di kelasmu memang orang baru banget terjun ke dalam bidang tersebut. Tidak akan sulit bagi dirimu untuk menjadi sang nomor satu!

Memang terlihat sepele, namun ini akan menjadi masalah jika kedepannya dirimu merasa kalau jurusan itu telah ambil tetapi tidak sesuai dengan passion dimiliki olehmu, karena awalnya dalam memilih jurusan hanya ikut – ikutan teman saja. Jika temanmu ingin mengambil jurusan yang beda dengan jurusan awalmu, kalian bisa tetap bertemu kok jika sekampus walaupun beda kelas dan jurusan. Fokuslah dengan pencapaian apa yang telah dirimu inginkan serta targetkan sejak lama. 

Lagi pula, nanti lama kelamaan tentunya akan mendapatkan teman dari satu jurusan kuliah kan. Karena nanti pasti akan banyak dihadapkan oleh tugas kelompok dan mengharuskan dirimu bisa beradaptasi dengan teman - teman se-jurusan di satu kelas itu. Jadi jangan sungkan dan takut untuk mengambil jurusan yang berbeda dengan temanmu ya! Dibanding nantinya dirimu akan kesulitan ditengah perjalanan. Lebih baik berani beda, tetapi memang di jurusan itulah passionmu.

Sebelum mengambil suatu jurusan kuliah, pastikan untuk memeriksa besarnya peluang pekerjaan dari jurusan tersebut terlebih dahulu ya! Ini penting karena jika tidak melihat peluang pekerjaan dari jurusan terlebih dahulu, dirimu bisa saja kalah saing dengan orang lain yang memang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaan itu. 

Pilihlah jurusan yang memang memberikan peluang pekerjaan cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Karena seiring berkembangnya teknologi, banyak pekerjaan yang telah digantikan oleh robot. Jangan lupa juga untuk melihat alumni dari jurusan yang akan di ambil, agar mengetahui peluang pekerjaan apa yang bisa menjadi target masa depanmu.

Setiap jurusan memiliki biaya kuliah yang bervariasi juga. Biaya kuliah memiliki nominal yang berbeda – beda, mulai dari jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta. Biaya kuliah ini juga berbeda – beda di masing – masing universitas. Meskipun jurusan yang dituju sama, tetapi belum tentu harganya sama ya.

Tentunya pilihlah perguruan tinggi dengan cerdas jurusan yang kalian ingin dan sesuaikan biaya kuliahnya dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan sampai biaya kuliah ini menjadi beban untukmu kedepannya ataupun orang tuamu ya. 

Ada baiknya sebelum mengambil keputusan tersebut bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orang tua terkait jurusan kuliah yang akan di ambil berserta biaya kuliahnya. Jika orang tua bisa mengusahakan, tentu tidak perlu kebingungan, tetapi jika tidak jangan memaksakan ya. Cobalah cari jurusan lain yang memang masih bisa disanggupi atau mencari beasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sekarang sudah banyak orang – orang pemberi beasiswa dengan syarat yang bisa disanggupi.

6. Solusi Pintar

Solusi pintar bagi para masyarakat yang BELUM BEKERJA dan relatif kesulitan dalam memperoleh pekerjaan. Oleh sebab itu mengikuti Kuliah Kelas Karyawan di edunitas.com ini merupakan solusi yang utama untuk memperoleh pekerjaan. Yakni meningkatkan pengalaman melalui mereka (rekan-rekan mahasiswa), dan akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan ditambah meningkatkan pendidikan formalnya ke Jenjang Diploma Tiga (D-III), Sarjana (S-1) atau Pasca-sarjana (S-2).

Selain itu solusi pintar bagi para masyarakat yang SUDAH BEKERJA dan relatif kesulitan untuk meningkatkan pengembangan jenjang karirnya serta mendapatkan sumber penghasilan yang lebih baik. Maka mengikuti Kuliah Kelas Karyawan merupakan solusi utama untuk perkembangan pendidikan tinggi diri bagi karyawan atau pegawai, yakni meningkatkan ilmu pendidikan formal, pengalaman, jenjang karir, serta sumber penghasilan.

7. Di Kota/Kabupaten/Provinsi Mana Saja Yang Ada Program Kuliah Kelas Karyawan?

Program Kuliah Kelas Karyawan sudah diterapkan di wilayah tertentu seperti: Banten di kota Tangerang, Jawa Tengah di kota Semarang, Cilacap, Brebes, Boyolali dan Surakarta, Bali di kota Denpasar, Sulawesi Utara di kota Manado, Sumatera Utara di kota Medan, Sumatera Barat di kota Padang, Aceh di kota Banda Aceh dan Langsa, Lampung di kota Bandar Lampung, Kalimantan Timur di kota Samarinda, DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat di Cileungsi, Subang, Bogor, Bandung, Bekasi, Depok, Kuningan, Sukabumi, Purwakarta dan Cirebon, Provinsi Jawa Timur di kota Banyuwangi, Surabaya, Malang, Gempol Pasuruan dan Kediri, Wilayah Yogyakarta, Sulawesi Selatan di kota Makassar, Kepulauan Riau di Batam, Riau di kota Pekanbaru, Kalimantan Tengah di kota Palangkaraya dan Kalimantan Barat di Kota Pontianak.

8. Kesimpulan

Itulah beberapa tips sukses untuk yang menjalankan kuliah kelas karyawan. Banyak orang yang sudah berhasil melaksanakannya. So, tidak mustahil untuk lakukan juga denganmu bukan? Selain itu, memilih jurusan juga penting banget untuk menentukan karirmu di masa depan.

Karena nantinya jika sudah salah pilih jurusan, kalian sudah terlanjur masuk kejurusan itu, susah untuk keluar dan mau dilanjut sudah tidak nyaman. Jadi, pikirkan matang – matang sebelum ambil keputusan ya! Sebelum mengambil jurusan kuliah ini bisa mendiskusikannya dengan orang – orang terdekat yang sudah berpengalaman atau ke orang yang ahli di bidang ini.

12 Mar 2021