info berita terkini eduNitas Artikel

Alasan Kenapa Harus Pilih Kuliah Kelas Malam

Author: Kuliah Kelas Malam
09 Mar 2021

Apa yang anda pikirkan pertama kali saat mendengar kata Kuliah kelas malam? Program kuliah kelas malam ini ditujukan untuk para mahasiswa yang ingin mengikuti kelas perkuliahan pada malam hari ataupun bisa untuk para karyawan yang ingin melaksanakan kuliah tetapi pada jam sepulang mereka bekerja. Karena jadwal perkuliahan kelas malam ini biasanya dimulai pada sore hingga malam hari.

Apa yang terpikirkan ketika pertama kali mendengar kata “kuliah kelas malam” ?
Program Kuliah Malam atau sering juga disebut Program Perkuliahan Karyawan Malam adalah perkuliahan bagi mereka yang memiliki waktu terbatas disamping memiliki aktifitas bekerja, yang diselenggarakan pada sore atau malam hari sepulang aktifitas bekerja sebagai karyawan/pegawai, sehingga masih berkesempatan untuk kuliah walau sambil bekerja.

 

Daftar Isi :

1. Apa itu Kuliah Malam?

2. Mengenal Kuliah Kelas Malam

3. Waktu Pelaksanaan Kuliah Kelas Malam

4. Kelebihan Kuliah Malam

5. Tips Buat Mahasiswa Kuliah Kelas Malam

6. Rekomendasi Kampus Program Kuliah Kelas Malam

7. Tips Memilih Jurusan Untuk Kuliah Kelas Malam

8. Kesimpulan

-------------------------------------

1. Apa itu Kuliah Kelas Malam?

Tidak semua perguruan tinggi menyelenggarakan program kelas malam ini, biasanya hanya beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) saja yang berani membuka program kelas malam. Biasanya kuliah kelas malam ini memiliki waktu perkuliahan pada sore atau malam hari.

Mungkin menurut sebagian orang mengambil program kuliah kelas malam ini terlihat melelahkan, karena sehabis melakukan kegiatan dari pagi hari dan pada malam hari masih harus melaksanakan kelas perkuliahan. Bagi sebagian orang lain lagi, justru kuliah kelas malam ini justru menjadi hal yang menyenangkan, dianggap sebagai refresing disaat telah beraktifitas kerja seharian, di kampus bertemu dengan teman-teman baru dan mendapat suasana baru.

Tetapi satu hal yang pasti, tidak perlu khawatir karena lelah atas kuliah yang ditempuh tidak akan sia-sia, kuliah merupakan investasi untuk masa depan. Selain itu, kuliah kelas malam ini memiliki keuntungan, keuntungan apa sajakah itu ? berikut ini akan dibahas.

2. Mengenal Kuliah Kelas Malam

Mungkin sebagian mahasiswa telah mengetahui apa itu program kuliah kelas malam. Kuliah kelas malam adalah program perkuliahan untuk mahasiswa tetapi ingin melangsungkan perkuliahan pada malam hari. Bisa untuk mahasiswa baru lulus, pekerja lepas, hingga karyawan semuanya bisa mendaftarkan diri mereka mengikuti kuliah kelas malam ini.

Kuliah kelas malam ini adalah salah satu jenis dari kuliah karyawan. Jenis kuliah karyawan ada dua jenis, yaitu kuliah kelas malam dan kuliah akhir pekan (sabtu – minggu).

Karena kuliah kelas malam adalah salah satu solusi yang dapat diandalkan untuk pekerja yang masih ingin melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat kuliah, jadi waktu/jadwal perkuliahan nya dilaksanakan pada malam hari sepulang mereka bekerja.

Lalu, siapa saja yang bisa mendaftar  di program perkuliahan malam ini ? kuliah kelas malam ini dapat diikuti oleh setiap orang yang berasal dari lulusan SMU/SMK/sederajat, lulusan paket C, lulusan D1/D2/D3 sederajat. 

Baca juga artikel kuliah sabtu minggu

3. Waktu Pelaksanaan Kuliah Kelas Malam

Mungkin masih banyak yang bingung, bagaimana dan kapan waktu pelaksanaan kuliah kelas malam ini, berikut model pelaksaan kuliah kelas malam yang saat ini ada di beberapa kampus :

  1. Di hari Senin – Jumat, Pkl. 17.00 – 20.00 atau 18.30 – 21.00
  2. Di hari Senin, Rabu, Jumat Pkl. 17.00 – 20.00 atau 18.30 – 21.00

Namun terkadang, pelaksanaan perkuliahan malam ini lebih mengedepankan fleksibilitas dalam hari dan jam pelaksanaannya, antara dosen dan mahasiswa dapat saling berkomunikasi dan koordinasi untuk sama-sama mengatur hari dan jam kuliah yang dianggap mengakomodir semuanya.

4. Kelebihan Kuliah Malam

Bagi yang sedang bekerja dan ingin kuliah, memutuskan kuliah di program Kuliah Kelas Malam akan mendapat beberapa keuntungan/keunggulan sebagai berikut :

Menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu bekerja dan kuliah punya tantangan tersendiri, dan terbukti banyak yang kuliah sambil bekerja sukses pula dalam karirnya, karena disamping mereka belajar, mereka mengaplikasikannya langsung pada pekerjaan mereka apa-apa yang mereka peroleh saat berkuliah, malam kuliah, keesokan harinya dapat diaplikasikan langsung pada pekerjaan.

Yang lebih menantang dan betul-betul perlu manajemen adalah soal waktu, waktu antara bekerja di pagi hingga sore hari, kuliah selepas pulang bekerja dan mengerjakan tugas-tugas. Namun tidak perlu khawatir, jika sudah menjalaninya selalu saja ada kemudahan dan cara-cara untuk bisa mudah menjalaninya, dan ini sudah terbukti dan dapat dijalani dengan mudah oleh mereka-mereka yang saat ini sudah lulus dari program perkuliahan karyawan khususnya kelas malam. Maksimalkan waktu yang ada dengan baik, hargai setiap detik waktu yang ada.

Memiliki dosen pengertian, keuntungan yang satu ini hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa kuliah kelas malam.

Mengapa bisa demikian? Karena pada dasarnya dosen sudah mengetahui bahwa mayoritas mahasiswanya adalah karyawan atau orang-orang yang sudah bekerja sehingga sebagian waktu dan tenaganya juga digunakan untuk bekerja. Maka dari itu, mereka lebih pengertian kepada mahasiswa kuliah kelas malam ini. Contohnya dengan tidak memberikan banyak tugas yang berat dan fleksibel dalam aturan pengumpulan tugas, dll.

Liburan tentu menjadi momen yang dinantikan semua orang, yang dapat digunakan untuk istirahat dan rileks, tidak terkecuali bagi mahasiwa kelas malam yang juga berprofesi sebagai pekerja, memilih kuliah di kelas malam merupakan pilihan yang tepat, beraktifitas penuh dalam sehari hingga malam hari untuk bekerja dan kuliah dari hari Senin hingga Jumat misalnya atau hanya 3 hari dalam seminggu, anggaplah hal ini sebagai bentuk mengoptimalkan waktu dan kegiatan keseharian, sehingga pada saat hari libur di Sabtu dan Minggu, bisa dimanfaatkan secara penuh dan fokus untuk keluarga, berlibur dan me-refresh diri, setelah selama 3-5 hari penuh dengan pekerjaan dan kuliah.

5. Tips Buat Mahasiswa Kuliah Kelas Malam

Bagi mahasiswa yang ingin mengambil program Kuliah Kelas Malam. EduNitas mempunyai beberapa tips untukmu agar dapat menyelesaikan program kuliah kelas malam ini hingga lulus.

Pertahankan kondisi tubuh sehingga tetap benar – benar dalam kondisi yang sehat dan fit untuk, karena bertambahnya kegiatan tentunya menambah beban tenaga dan pikiran, yang jika tidak dijaga dengan baik akan berakibat menurunkan daya tahan tubuh hingga rentan sakit.

Minum vitamin C atau penambah darah (untuk penderita anemia) tidak boleh dilupakan sehingga kondisi tubuh Anda selalu bugar dan sehat.
Karena jadwal kuliah mahasiswa kuliah kelas malam ini dilaksanakan pada malam hari, pastinya mereka akan banyak begadang bukan? Baik untuk mengerjakan tugas kuliah, atau bahkan mengerjakan tugas kantor lainnya yang deadline-nya padat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan itu wajib di terapkan. Sebisa mungkin lakukan olahraga pada pagi hari sebelum melakukan kegiatan rutin harian agar tubuhmu bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas, konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Tidak lupa juga untuk tetap menjaga pikiran tetap tenang dan hindari stress, jadikan kegiatan kuliah sebagai aktifitas refresh, bertemu dan berkelakar dengan teman sekelas akan membuat suasana hati dan pikiran menyenangkan

Mengatur waktu untuk beberapa masyarakat memanglah tidak mudah, terutama bagi orang-orang yang terbiasa bersantai dalam mengerjakan urusan mereka. Untuk para mahasiswa kuliah kelas malam Anda harus belajar bagaimana cara mengatur waktu agar jadwal yang sudah ada di kampus Anda tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan rutin harian yang sudah ada sebelumnya.

Biasanya nanti mahasiswa akan dihadapkan untuk pengisian KRS, bagi mahasiswa program kuliah kelas malam. Cocokanlah jadwal kuliahmu dengan jadwal kegiatan mu yang lainnya ya. Agar semuanya dapat berjalan dengan lancar hingga lulus dari kampus.

Banyak pekerjaan akan menyita waktu serta tenaga Anda. Oleh karena itu, mahasiswa kuliah kelas malam sebisa mungkin ambil saja pekerjaan freelance atau paruh waktu.

Mengapa? Agar nanti jika saat jadwal kuliah Anda sangat padat – padatnya, Anda bisa menggantikan waktu luang untuk mencari pekerjaan dengan fokus ke pada kuliah Anda terlebih dahulu. Ini tidak akan memakan waktu lama, hanya empat tahun atau delapan semester sampai Anda lulus.

6. Rekomendasi Kampus Program Kuliah Kelas Malam

Memang tidak semua kampus menyediakan program kuliah kelas malam. Namun, sekarang ini sudah banyak kampus yang menyediakan program kuliah kelas malam ini agar para mahasiswa bisa melaksanakan kuliah pada malam hari.

Di Jakarta, ada beberapa universitas / perguruan tinggi yang mengadakan program kuliah kelas malam ini. Yang pertama salah satunya ada ITBU (Institut Teknologi Budi Utomo), UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta) dan masih banyak lagi kampus di Jakarta maupun di luar Jakarta. Ini hanya sebagian dari kampus saja, selain kampus tersebut masih ada banyak kampus di luar Jakarta dan memiliki akreditasi yang baik.

7. Tips Memilih Jurusan Untuk Mahasiswa Kuliah Kelas Malam

Memilih jurusan kuliah memang bukan hal yang mudah tetapi ini juga tidak sesulit bayangan Anda. Jangan hanya memilih untuk memilih kuliah dengan asal dan menurutmu itu bagus di awal saja. Ada sejumlah hal untuk diperhatikan sebelum menentukan suatu jurusan kuliah apa yang akan dipilih nanti. Berikut adalah beberapa tips untuk calon mahasiswa baru yang masih bimbang ingin mengambil jurusan kuliah apa:

Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu jurusan di perguruan tinggi, lebih baik untuk melakukan penelitian terlebih dahulu. Lakukan penelitian yang berkaitan dengan jurusan memang diminati oleh Anda. Penelitian ini dapat berupa lokasi kampus dan akan diambil, biaya kuliah persemester, serta akreditasi jurusannya.

Terlepas dari ini, Anda juga dapat melakukan penelitian tentang program studi apa yang tersedia di sana. Ini akan memudahkan Anda untuk dapat memperhitungkan semua risiko yang akan Anda lalui saat belajar pada saat semester pertama hingga semester akhir sampai lulus.

Setiap jurusan memiliki prospek pekerjaan yang berbeda. Sebelum membuat keputusan tentang jurusan kuliah, pertama – tama lakukan riset prospek kerja untuk jurusan terkait. Untuk memastikan prospek pekerjaan dari jurusan kuliah agar tidak menyesali di kemudian hari.

Pertimbangan untuk prospek pekerjaan pada masa mendatang, memang tidak dapat dipisahkan dari pilihan jurusan kuliah, tetapi bukan satu-satunya faktor yang akan membuatmu sukses. Ada banyak cara untuk dapat sukses terlepas dari jurusan kuliah apa yang Anda ambil.

Ini adalah salah satu tips dalam memilih jurusan kuliah. Anda dapat mengambil suatu jurusan kuliah sesuai dengan hobi Anda. Misalnya, jika ada mahasiswa yang memiliki hobi bernyanyi atau menari, maka mereka dapat memilih jurusan kesenian di suatu perguruan tinggi untuk dapat mengeksplorasi hobi yang dimiliki serta ada sebelumnya.

Tetapi memang ada beberapa orang merasa bingung jika bertanya apa hobi mereka? Nah, ini adalah pentingnya mengenali passion mulai sekarang. Ini penting sehingga nantinya tidak akan bingung tuk menentukan jurusan kuliah Anda di suatu perguruan tinggi.

Jika Anda masih merasa ragu dengan poin ketiga, yang merupakan hobi, Anda tentu dapat berkonsultasi dengan keraguan Anda kepada para ahli di bidang ini. Siapa orang di bidang ini? Bisa jadi mereka adalah gurumu, atau kakak kelas Anda juga bisa ditanyakan. Karena tentu mereka lebih berpengalaman dalam bidang ini. Serta jangan lupa untuk membahasnya oleh kedua orang tua Anda.

Karena meskipun Anda yakin akan pilihan Anda, namun bagaimana jika orang tua Anda belum memberikan izin mereka? Tingkatkan ibadah dan mintalah restu kepada kedua orang tua Anda sehingga perkuliahan Anda lancar hingga lulus kelak.

Perhatikan pula akreditasi kampus dan jurusan ya. Pilih kampus yang sudah memiliki akreditasi dan terdaftar di BAN-PT sehingga Anda tahu bahwa kampus bukan kampus bodong apalagi abal - abal. Dalam beberapa tahun terakhir banyak kampus ilegal mengeluarkan ijazah palsu. Jadi berhati – hatilah dalam memilih kampus untuk Anda calon mahasiswa.

Pastinya Anda sebagai seorang mahasiswa tidak ingin memiliki ijazah palsu serta tidak diakui oleh negara bukan? Pastikan kampus yang ingin Anda daftar sudah memiliki website yang jelas, perhatikan juga letak kampus serta fasilitasnya bisa memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswanya.

Meskipun ini adalah poin terakhir, namun ini sangat penting karena jika Anda memilih jurusan kuliah dengan harga selangit serta tidak bisa di cicil, apakah Anda tidak merasa keberatan dengan itu?

Sekarang ada banyak kampus - kampus yang memiliki fasilitas baik dengan biaya yang terjangkau serta dapat di-cicil setiap bulan untuk memudahkan mahasiswa dalam membayar biaya kuliah persemester mereka. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan kembali dengan orang tua Anda. Jika mereka setuju untuk membayar biaya semester di kampus tersebut berarti tidak ada pertanyaan lagi bukan? Ambil lah jurusan kuliah di kampus tersebut.

8. Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk mahasiswa kuliah kelas malam. Juga ada banyak keuntungan – keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mengambil kuliah kelas malam. Semua itu balik lagi ke pilihan dari diri masing – masing. Jadi bagi mahasiswa yang sudah memiliki niat untuk mengambil kuliah kelas malam, persiapkan dirimu jangan membuat diri kamu sendiri menjadi ragu dengan pilihan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan orang – orang terdekat kamu yang sudah berpengalaman dan juga kepada orang tua kamu ya.

Memang, menyelesaikan kuliah kelas malam ini tidak semudah memutar telapak tangan, dibutuhkan pengorbanan energi, pikiran, dan biaya tidak sedikit. Namun, setelah lulus Anda akan merasakan pengalaman yang luar biasa tentunya. Bagi mahassiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan kuliah kelas malam ini, jaga kesehatan dan jangan pernah menyerah.

Tak lupa untuk pastikan bahwa kampus yang Anda pillih sudah terdaftar di BAN – PT, jika memang masih belum mengetahui kampus tersebut sudah terdaftar atau belum. Anda bisa mengeceknya di website eduNitas, karena kampus – kampus yang telah bekerja sama dengan kami sudah terdaftar di BAN – PT.

Di eduNitas kamu bisa daftar berbagai macam program perkuliahan, seperti program kuliah karyawan, program kuliah online, dan program kuliah reguler. Kamu bisa mencarinya dengan mengklik dibawah ini.

Cari Semua Program Perkuliahan Dan Jurusan

Bila sudah mendapatkan kampus PTS idamanmu, segera daftarkan dirimu sebagai calon mahasiswa dengan mengklik dibawah ini

Daftar Kampus Pilihan

 #Kuliah Kelas Malam