info berita terkini eduNitas Artikel

Perbedaan Program Reguler dan Non Reguler di Perguruan Tinggi cover

Perbedaan Program Reguler dan Non Reguler di Perguruan Tinggi

Author: Program Reguler
07 Mar 2021

Program perkuliahan reguler menurut penjelasan dari ristek dikti, “Program reguler adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri yang diikuti oleh peserta didik secara penuh waktu pada program studi yang telah memperoleh ijin penyelenggaraan dari pemerintah” yang disini bisa kita artikan sebagai perkuliahan pada umumnya.

Apa program reguler? Program reguler adalah program perkuliahan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi, disini dimaksudkan adalah kalian yang sehabis lulus SMA langsung melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu universitas atau Perguruan TinggiProgram reguler biasanya banyak di incar oleh anak muda yang baru lulus sekolah menengah, karena program reguler ini biasanya diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri atau PTN. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat agar mereka masuk ke PTN.

Sebenarnya program reguler juga ada di Perguruan Tinggi swasta atau PTS. Tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi swasta juga banyak yang menjadi favorit masyarakat. Biayanya pun beragam, ada yang mulai ratusan ribu hingga puluhan juta per-semesternya. Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya bukan? maka tidak heran, jika banyak orang tua yang berani mengorbankan atau berusaha keras agar anaknya bisa diterima di Perguruan Tinggi favorit baik dalam maupun luar negeri.

Bayangkan berapa biaya untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri, pasti ratusan juta bahkan miliaran juga akan habis. Namun, jangan lupa sekarang sudah banyak beasiswa untuk Nasional bahkan International. Selain ada program reguler, ternyata ada juga program non reguler

EduNitas sendiri, kampus-kampus PTS yang sudah bekerja dan memiliki program perkuliahan reguler sudah ada hampir di wilayah Indonesia yang mencakupi: STIE IGI Jakarta, STT Muhammadiyah Cileungsi, STIE Hidayatullah dan lain-lain.

Untuk Wilayah, kampus-kampus PTS yang menyediakan program perkuliahan reguler mencakupi daerah: DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan), Bogor, Semarang, Bandung, Lampung, Medan, Padang, Bali, Manado dan lain-lain.

Di eduNitas, program perkuliahan reguler menawarkan biaya yang murah. Mulai dari Rp 350.000, kamu sudah mulai kuliah, yuk cek informasi perkuliahan reguler kampus-kampus PTS yang sudah menjadi mitra dengan eduNitas dengan klik dibawah ini.

Cari Kampus Perkuliahan Reguler

Program Reguler

Program reguler atau program S1 reguler merupakan salah satu program sarjana yang umumnya dimiliki oleh setiap universitas di Indonesia. Kelas perkuliahan program reguler ini biasanya diadakan dari pagi hari hingga menjelang sore hari. Jalur masuk untuk program reguler Perguruan Tinggi Negeri ini ada beragam, misalnya saja dari SNMPTN / jalur undangan, SBMPTN, dan Ujian Mandiri dari masing – masing kampus yang menjadi incarannya.

Yang membedakan program reguler dengan program lainnya adalah mahasiswanya memiliki hak – hak lain yang tidak bisa dirasakan oleh mahasiswa non reguler seperti BOPB dan mulai tahun 2013, mahasiswa S1 Reguler di beberapa Universitas di Indonesia bahkan bebas uang pangkal. Setiap program studi sarjana (S1) di semua universitas pasti memiliki program regulernya. Program reguler ini memiliki waktu perkuliahan hingga lulus biasanya 3.5 – 5 tahun. Gelar akademis yang akan diperoleh pun juga berbeda – beda. Misalkan saya dari fakultas Teknik, biasanya mereka memiliki gelar S.T (Sarjana Teknik).

Program Non-Reguler

Program non reguler tentunya berbeda dengan program reguler, program non reguler menurut ristek dikti adalah “Program non reguler adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh Perguruan tinggi Negeri yang diikuti oleh peserta didik secara paruh waktu pada program studi yang telah memperoleh ijin penyelenggaraan dari pemerintah. Yang termasuk dalam non regular adalah kelas karyawan yang diselenggarakan di luar jam kerja kantor/kelas sore, atau program ekstensi yang mengalihkan jalur D3 ke S1 dsb.”

Disini dimaksudkan bahwa program non reguler adalah program perkuliahan yang ditempuh secara paruh waktu karena adanya kegiatan lain di luar kegiatan perkuliahan.

Program Kuliah kelas karyawan

Umumnya kuliah kelas karyawan adalah salah satu program non reguler yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kuliah kelas karyawan ini biasanya dibagi menjadi dua waktu perkuliahan. Yaitu kelas malam dan kelas sabtu – minggu. Kuliah kelas karyawan biasanya memiliki waktu yang lebih fleksibel karena mayoritas mahasiswanya adalah pekerja.

Program Kuliah ekstensi

Program kuliah ekstensi adalah program lanjutan untuk lulusan D3 (Ahli Madya) ke S1 (Sarjana). Biasannya program kuliah ekstensi tidak membutuhkan waktu perkuliahan full-time karena biasanya mahasiswa program ekstensi sudah pada bekerja. Program kuliah ekstensi juga memiliki waktu perkuliahan yang tidak lama seperti dari SMA ke S1, biasanya mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk lulus program kuliah ekstensi ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan dari perbedaan program reguler dan non reguler, untuk kalian yang ingin mengambil salah satu program perkuliahan di atas, ada baiknya untuk mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orang tua kalian. Apapun program, jurusan, kampus yang kalian pilih tidak ada artinya tanpa restu dari orang tua kalian.

di eduNitas kamu bisa langsung daftar secara online dengan beragam pilihan program perkuliahan, seperti program kuliah karyawan, program kuliah online, dan program kuliah reguler. Kamu bisa mencarinya dengan mengklik dibawah ini.

Cari Semua Program Perkuliahan

#ProgramReguler